Tuesday, August 25, 2015

Foto spesial HUT RI ke-70

Lomba tidak hanya untuk anak-anak, ibu-ibu pun turut berpartisipasi di perlombaan 17 Agustus. Semangat 45 harus dimiliki seluruh generasi. SEMANGAT!

Friday, August 21, 2015

Dirgahayu Indonesia-ku yang ke-70.MERDEKA!

MERDEKAAA!!!





Itulah yang selalu terngiang-ngiang dikepala jika sudah mendekati tanggal 17 Agustus.
Semua daerah mendadak memiliki dominan warna merah dan putih.
Setiap rumah sudah siap memasang bendera merah putih. Bahkan dirumah saya pun bendera sudah berkibar dari awal bulan Agustus. Memang rajin sekali ayah saya ini sudah memasang bendera dari awal. Mungkin takut nanti lupa masang pas tanggal 17 Agustus hehe.
Disetiap pinggir jalan sudah mulai ramai banyak pedagang bendera merah putih menjajakan dagangannya sekaligus berpartisipasi untuk merayakan 17 Agustus.
Para pasukan pengibar dan pasukan penurun bendera pun sudah siap latihan untuk tampil pada tanggal 17 Agustus, baik itu pasukan di tiap sekolah, instansi pemerintahan, maupun tim yang paling penting yaitu PPI Indonesia (Purna Paskibraka Indonesia). Bahkan tim PPI Kota, Provinsi, dan Nasional sudah diseleksi dan latihan sejak bulan April lho! Mengapa? Agar tim PPI dapat terseleksi dengan baik, dan penampilan mereka supaya maksimal pada saat 17 Agustus.
Para karang taruna dari masing-masing wilayah di Indonesia pun sudah sibuk mempersiapkan acara lomba, maupun pentas seni untuk tanggal 17 Agustus di wilayahnya.




Apa sih yang paling diingat di otak kalian kalau mendengar kata "17 Agustus"?

- Kalau aku sih pasti tentang hari kemerdekaan Indonesia, dimana 70 tahun yang lalu, tepatnya pada tanggal 17 Agustus 1945 pukul 10:00 pagi di lapangan Ikada, Gambir. Yang membacanya yaitu Bung Karno yang didampingi oleh wakilnya yaitu Bung Hatta.
- Kemudian yang aku ingat yaitu siaran langsung pengibaran Bendera Merah Putih di pagi hari kemudian penurunannya di sore hari yang aku gaboleh ketinggalan nonton di TV.
- Lalu pastinya soal lomba 17 Agustus yang pasti paling diingat sama kita semua. Rasanya kurang afdol aja kalau melewati tanggal 17 Agustus tanpa ikut lomba ataupun berpartisipasi di perlombaan di sekitaran rumah kita
- Menghormati hari kemerdekaan dengan cara memasang bendera merah putih di rumah masing-masing menggunakan bendera kain yang diikat di tiang bambu dan dipasang didepan rumah. Jadi, setiap keluar rumah dan ke daerah lainpun pasti berkibaran banyak bendera merah putih.
- Dan yang paling penting adalah......................LIBUR! Ya! Setiap tanggal 17 Agustus di Indonesia pasti diberlakukan hari libur atau disebut tanggal merah. Libur diberlakukan di sekolah, kampus, kantor, dan instansi lain. Terkadang ada juga sekolah/kantor/organisasi yang mewajibkan kita datang pagi-pagi ke sekolah/kantor untuk ikut upacara bendera sebagai penghormatan untuk negara Indonesia.

Menurut aku sih, menarik banget ya upacara bendera yang setiap tahun diadakan di Istana Negara di Jakarta. Mungkin masih mengalir darah paskibra di darah aku haha karena dulu aku dari SMP sampai SMK ikut paskibra tapi belum pernah dapet kesempatan jadi PPI Indonesia hiks..
Jadi, aku mau bahas soal upacara di Istana Negara ya.

Di Istana Negara tuh setiap tanggal 17 Agustus akan ada 2 kali upacara bendera. Pengibaran pada pagi hari, kemudian penurunan pada sore hari.
Peserta upacara adalah seluruh tamu kenegaraan, dan yang terpenting yaitu Presiden dan Wakil Presiden RI. Kemudian ada dari para perwakilan duta besar luar negeri yang ada di Indonesia, siswa-siswi Indonesia yang berprestasi, MPR, DPR, Instansi pemerintahan lain, dll.
Upacara dipimpin oleh Presiden RI. 

Untuk pasukan pengibar..
Pasukan terdiri dari 3 pasukan. Yaitu 
  • Pasukan 17 = pengiring.
  • Pasukan 8 = pembawa bendera.
  • Pasukan 45 = pengawal.
Yang wanita pembawa baki berada di pasukan 8. Pasukan diambil dari hasil seleksi di masing-masing kota, kemudian seleksi Provinsi dan dipilihlah sepasang putra dan putri untuk dibawa ke tingkat Nasional atau PPI Indonesia. 
Kemudian akan ada 17 pesawat tempur yang terbang melewati Istana Negara pada detik-detik Proklamasi, diiringi dengan 17 tembakan meriam juga. 
Lalu Presiden RI membacakan proklamasi sebelum pengibaran sang saka merah putih.
Setelah pengibaran, biasanya ada lagu-lagu daerah di Indonesia yang dinyanyikan oleh perwakilan paduan suara dari tiap sekolah. Semua lagu dinyanyikan mulai dari lagu Aceh-Papua.
Itulah keseluruhan kegiatan pada upacara 17 Agustus di Istana Negara.

Setelah itu aku mau bahas soal perlombaan 17 Agustus.
Apa aja sih lomba yang dilakukan pada peringatan 17 Agustus?
Sebenernya apa saja boleh asal selama lomba itu berpengaruh positif, tetapi ada beberapa lomba yang sudah sangat kita kenal dan selalu kita temui di 17 Agustus.

Lomba makan kerupuk
-> lomba makan kerupuk ini adalah kerupuk yang diikat oleh tali dan digantung seukuran wajah peserta lomba, kemudian peserta lomba harus memakan kerupuk itu hingga habis/waktu habis. Siapa yang sisa kerupuknya paling sedikit itulah yang menang. Biasanya kerupuk harus dimakan, tidak boleh dibuang setelah digigit.

Lomba balap karung
-> lomba balap karung lebih sering menggunakan karung goni sebagai properti lomba. Jadi, peserta lomba harus lari menghampiri karung kemudian memakai karung dan harus melompat hingga garis finish. Yang paling cepat sampai di garis finish ialah pemenang dari lomba ini. Karena menggunakan karung goni, terkadang suka gatal kalau bahan karungnya menempel di kulit -_-

Lomba panjat pinang
-> lomba ini yaitu lomba yang lumayan sulit. Jadi, batang pinang diujungnya diberi lingkaran kemudian diikatkan beberapa barang untuk hadiah dari lomba ini. Hadiahnya dapat berupa apa saja selama masih bisa digantung di batang pinang itu. Lalu batang pinang dipenuhi dengan cairan oli untuk mempersulit peserta mencapai puncak pinang. Lomba ini adalah lomba tim, jadi tiap tim memiliki beberapa anggota. Tiap anggota harus bekerja sama, dengan menaiki pundak teman se-tim untuk mencapai puncak dan meraih hadiah.

Lomba memasukkan paku kedalam botol
-> jadi peraturannya adalah, setiap peserta diikatkan oleh tali yang sudah ada pakunya, diikatkan di pinggang, kemudian botol ditaruh dibawah peserta, dan peserta harus memasukkan paku tersebut kedalam botol. Peserta yang paling cepat memasukkan paku kedalam botol, dialah yang menang.

Lomba kelereng
-> lomba kelereng yaitu lomba yang tiap peserta harus menggigit sendok yang diatas sendoknya diletakkan sebuah kelereng, kemudian peserta harus berjalan sampai garis finish tanpa menjatuhkan kelereng dari sendok. Yang paling cepat sampai ke garis finish tanpa menjatuhkan kelereng, ialah yang menang.

Sebenernya masih banyak lagi lomba yang biasanya ada pas 17 Agustus, tapi aku nulisin garis besarnya aja, jadi lomba yang sering diadain aja hehe

Kemudian bahas apa lagi yaaa.....

-> #TerimakasihAhsanHendra
Oia di malam 17 Agustus tepatnya tanggal 16 Agustus, Indonesia mendapatkan hadiah yang sangat luar biasa. Yaitu kemenangan Ganda Campuran Putra Bulutangkis Indonesia yaitu pasangan Hendra Setiawan / Mohammad Ahsan yang berhasil mengalahkan tim pasangan ganda campuran dari Tiongkok. Ahsan/Hendra menang 2 set di ajang World Badminton Championship. Itu merupakan suatu kebanggaan bagi Indonesia, dan juga merupakan kado yang indah untuk Kemerdekaan Indonesia yang ke 70. Lagu Indonesia Raya dikumandangkan lebih awal, bukan pada pagi hari ketika pelaksanaan  upacara, melainkan sudah dikumandangkan pada acara WBC di Istora Senayan hehe dan pasangan Ahsan/Hendra berdiri di podium nomer #1 paling tinggi, bendera merah putih pun berkibar paling tinggi diantara pemenang lainnya yang menaiki podium. Dengan bangga, Ahsan/Hendra menyanyikan lagu Indonesia Raya sambil mereka berdua berselimutkan bendera merah putih di punggungnya. Sungguh membanggakan sekali. Bahkan akupun nonton dari TV aja merinding waktu nyanyi lagu Indonesia Raya, apalagi mereka yang di Istora Senayan :')











 Pict source: hashtag #TerimakasihAhsanHendra on twitter

-> #PrayForTriganaAir
Oia jadi pas Indonesia merdeka dan sedang bersuka cita, ternyata negara kita mengalami musibah juga :( yaitu jatuhnya pesawat Trigana Air yang menuju ke Oksibil di suatu pegunungan di Papua :( pesawat itu bawa lebih dari 50 penumpang. Jadi, setiap musibah harus ada yang bisa di syukuri, nah yg di syukuri dari musibah ini adalah kabarnya semua korban sudah ter-evakuasi. Jadi kabarnya sih gaada penumpang yang hilang atau apa. Tapi tetap sedih ada berita ini ditengah-tengah ramainya HUT RI :( semoga semua anggota keluarga diberi ketabahan. Semoga para korban tewas diterima disisi-Nya amiinnn. 


Tentang 17 Agustus mungkin cukup itu aja yang bisa aku bahas. Semoga bermanfaat buat kalian semua. Dan jangan lupa, kalau ada yang salah dari info di tulisan aku bisa komen aja ya hehe makasih udah mau baca postingan aku ini. Sampai ketemu lagi di postingan aku berikutnya :)



Friday, July 10, 2015

Memenuhi Tugas RPL

It has been more than 1 year I wasn't writing on my blog. I had no time to do this and I had no idea to write something here. 
Now, I want to share the details of mine. Why I'm gonna write this? I'll tell ya about it after the details. Annnnnndddd, I'm gonna write this in BahasaCekidot~



Nama(Sesuai Akte): Pratiwi Setyarini -ini baru nama Indonesia, nama Zimbabwe gua rahasia-
TTL: Purworejo, 13 Juli 199..............(pokoknya gua masih muda)
Alamat: Vila Mutiara Gading blok C12/5. RT001/014. Kec.Tarumajaya, Bekasi Utara. 17215.
Hobi: membawa hewan buas ke Petshop.
Pekerjaan: ya Kuliah. Selain kuliah paling cuma jadi wanita bisnis. Bisnis pulsa. Kalo beli pulsa ke gue aja ya guys!

Nama kampus: Oxford University cabang Rawa Panjang.
Makes: makanan gratis.
Mikes: air putih yang diambil langsung dari mata air pegunungan. Yang ada manis-manisnya gitu.
Warna Favorit: pencampuran dari Hijau Tosca, Biru Tua, Biru Muda, Biru Anak-anak, Cream, yang dipadu-padankan dengan Ungu Janda dan Abu-abu Monyet, yang menghasilkan zat atom.

Film Favorit: BANYAK BANGET! So far, film yang daridulu sampe sekarang udah bermilyar-milyar kali ditonton dan gak bosen adalah Harry Potter Movie Collection dari 1-7.2

=====================================================================

So, that's all ! 
I wrote this for the assignment from my lecturer. He wanted us to write on our blog something about ourselves. I had no idea what I was gonna write. I wrote them all based on what I was thinking about. I'm sorry if there's a mistake on this article. Actually, I'm still learning to write blog in English like what I wrote in the previous post that my English Teacher wanted me to do. So, please correct me. You can comment below! I'm so glad if you help me to correct my bad English.

I like to write with jokes in it, I like to joke if I write in Bahasa haha it doesn't make sense to make jokes in English. I'm trying to be active again in blogging.

Thank you / Terimakasih / Khob Khun Kha / Syukron / Arigatou / Xie Xie / Danke / Merci / Gracias / Gamsahamnida