Friday, June 27, 2014

STAND UP COMEDY INDONESIA SEASON 4

Review SUCI4

Assalamu’alaikum wr.wb


Seperti yang sudah diketahui, di SUCI4 ini banyak banget yang baru ya dibanding sama SUCI-SUCI yang sebelumnya. Mungkin jadwal shownya yang masih agak sama dengan SUCI sebelumnya. Yaitu tapping pada hari Jum’at di Nusa Indah Teater Balai Kartini, kemudian tayang di televisi di hari Kamis setiap pukul 22:00 pada minggu berikutnya. Begitu seterusnya sampai episode terakhir. Mulai dari jumlah kontestannya, yang sebelumnya di SUCI3 ada 14 peserta, di SUCI4 ini bertambah menjadi 16 peserta! Sejauh ini, siapa aja sih peserta yang kalian tahu yang ada di SUCI4 ini? Mulai dari yang closemic pertama ya, ada Bebhita, Yudith, Yudha Khan, Beni, Wendi, Yudha Keling, Sri, Pras, Arif, Coki, Liant, Dodit, Hifdzi, Pras (callback), Dzawin, dan kedua Grand Finalis yaitu Abdur dan David. *silakan koreksi jika ada salah urutan closemic*.

Lalu apa lagi yang berbeda di SUCI4 ini? Yap! Ada sistem SMS untuk menentukan komika favorit. Dan uang hasil dari polling SMS akan disumbangkan bagi yang membutuhkan. Mulia ya J Jadi SMS nya ini bukan menentukan siapa yang lolos dan close mic. Jadi tiap minggunya bakal dikasih tau siapa komika favoritnya dan ia bakal dapat privilege. Untuk menentukan siapa opener, headliner, atau ia sendiri mau tampil di urutan ke berapa. Acara SUCI Kompas TV ini bagus banget, objektif, jadi bagus dan gak bagusnya penampilan mereka di hari itu, menentukan nasibnya bakal tetep bertahan atau close mic sesuai dengan penilaian para juri, BUKAN DARI POLLING SMS. Jadi kemarin-kemarin kalau ada komika favoritnya yang closemic jangan salahin polling SMS, karena udah dibilang dari awal kalau SMS tidak menentukan lolos atau tidaknya seorang komika di SUCI4 itu.

Masih banyak lagi yang beda dari SUCI4 ini. Yaitu jurinya. Di SUCI-SUCI sebelumnya biasanya juri tetapnya memang kak Radit sama Pakde Indro, mereka berdua juga yang mengaudisi para kontestan, lalu tiap minggunya juri tamunya pasti berbeda-beda. Untuk SUCI4 ini jurinya sudah tetap semua tiap minggunya. Yaitu kak Raditya Dika, tante Feni Rose, pakde Indro. Dan di SUCI4 ini ada lagi yang berbeda, yaitu memiliki seorang komentator yang akan memberi komentar tentang penampilan dari setiap komika yang tampil. Di SUCI-SUCI sebelumnya belum ada komentator sih :D komentatornya juga dari orang yang unik-unik. Mulai dari Jono, yang di SUCI3 dahulu ia biasa menjadi juri juga. Kemudian ada Tyson, Bedu, Rico Ceper.

Yang berbeda lagi dari SUCI4 ini adalah hostnya :D. di SUCI1 hostnya adalah mas Pandji dan kak Radit. SUCI2 hostnya yaitu mas Pandji dan juara 1 dari SUCI1 yaitu ka Ryan Adriandhy. SUCI3 hostnya yaitu mas Pandji dan juara 1 dari SUCI2 yaitu kak Ge Pamungkas. dan SUCI4 ini harusnya hostnya mas Pandji dan juara 1 SUCI3 yaitu bang Babe Cabita. Tetapi karena mas Pandji ada kerjaan lain, jadinya diganti sama koh Ernest Prakasa dan tetep sama juara 1 SUCI3 yaitu bang Babe. Tapi……….di pertengahan show, koh Ernest ada sedikit problem yang mengharuskan ia mengundurkan diri menjadi host. Kemudian diganti sama si UUS YOOOO. Itu orang unik banget. Ga kalah gokil sama koh Ernest. Tapi Uus ini lebih pecicilan :D lebih aneh dari bang Babe, tapi heran kenapa dia waktu di SUCI3 bisa close mic paling awal ya? :D

Apalagi ya yang beda di SUCI4 ini? Oh iya, babak CallBack :D jadi babak callback ini adalah babak dimana sebagian dari kontestan SUCI4 yang sudah close mic akan berkompetisi lagi di panggung SUCI4 untuk berhak lolos lagi dan otomatis akan menjadi 6 besar bareng Dodit, Hifdzi, Dzawin, Abdur, dan David. Di SUCI-SUCI yang sebelumnya belum ada babak callback seperti ini. Baru ada di SUCI4 ini :D kemudian kontestan yang berhak tampil kembali di panggung SUCI4 yaitu ada 4: Pras Teguh, Yudha Keling, Liant, Coki. Mereka berempat akan berkompetisi merebut hak untuk masuk lagi di babak 6 besar. Dari keempat kontestan tersebut yang lolos dari babak callback adalah Pras Teguh :D dia berhasil masuk kembali di babak 6 besar dengan progress yang begitu meningkat sehingga mengalahkan ketiga temannya yang berkompetisi juga di babak callback.

Yang agak sedikit berbeda di SUCI4 ini ialah venue nya atau lokasi panggung tempat para kontestan tampil. Di SUCI-SUCI sebelumnya, venuenya adalah di Usmar Ismail, Jakarta. Untuk SUCI4 ini venuenya ada di Balai Kartini, Jakarta. Sebenarnya, di SUCI3 lalu waktu di babak grand final bertempat di Balai Kartini juga, tetapi untuk di SUCI4 ini setiap shownya berlokasi di Balai Kartini.
      

Di SUCI4 ini juga banyak sekali jenis komikanya. Hampir sama dengan yang ada di SUCI3 yang lalu.

·         Untuk comic dari wilayah Indonesia Timur, di SUCI3 ada Arie Kriting dan di SUCI4 ada Abdur Arsyad.
·         Untuk comic etnis Tionghoa, di SUCI3 ada koh LiongkyTan, di SUCI4 ada koh LiantLin.
·         Untuk comic perempuan, di SUCI3 ada teh Alison Bule Bandung dan Chandra, di SUCI4 ada Bebhita dan Sri Rahayuk.
·         Untuk kategori comic yang absurd, di SUCI3 ada Fico, di SUCI4 ada Coki.
·         Untuk comic berbadan besar, di SUCI3 ada Alphisugoi, di SUCI4 ada Hifdzi.
·         Untuk comic dari Jawa timur, di SUCI3 ada cak Muslim, di SUCI4 ada Arif Alfiansyah.
·         Untuk comic dari pulau Sumatra, di SUCI3 ada Babe Cabita, di SUCI4 ada Pras Teguh.
·         Untuk kategori profesi, di SUCI3 ada Detektif Ferry yang merupakan seorang Polisi, di SUCI4 ada Dodit yang seorang pemain biola dan guru.
·         Untuk kategori anak alim, di SUCI3 ada Alphisugoi, di SUCI4 ada Dzawin.
·         Untuk kategori berlogat kental daerah, di SUCI3 ada Bene dengan logat bataknya, di SUCI4 ada David dengan logat betawinya.

Trus apa lagi nih yang menarik dari SUCI4?

Oh iya jadi yang berbeda lagi di SUCI4 ini adalah ada yang namanya SUCI4 goes to school dan SUCI4 goes to office.
       
        Jadi waktu SUCI4 goes to school, SUCI4 ini datengin sekolah SMAN 52 Jakarta. Tema dari kegiatan ini adalah UTS (Ujian Tim Standup). Dan yang hadir kesana adalah 9 besar kontestan SUCi4. Mereka dibagi menjadi 2 tim. Tim biru dan tim putih. Tim biru terdiri dari Dodit, Abdur, Pras, Hifdzi, dan Lian. Sedangkan di tim putih ada David, Dzawin, Arif, dan Coki. Jadi masing-masing dari mereka tampil di SMAN 52 Jakarta. Dan ketika sudah tampil, para audience atau siswa/i akan mem-voting dengan cara memasukkan secarik kertas ke masing-masing bak dari kedua tim tersebut. Apakah siswa – siswinya memilih tim biru atau tim putih. Dan kertasnya disimpan sampai babak show di Balai Kartini. Ketika di panggung, semua kertas dihitung dan yang mendapat kertas paling banyak timnya otomatis menang dan tidak usah ikut babak UAS (Ujian Akhir Standup). Dan setelah kertas dihitung, yang menang adalah tim putih. Otomatis anggota dari tim putih akan lolos ke babak selanjutnya dan tidak akan tampil di babak UAS. Yang tampil di babak UAS malam itu adalah Dodit, Abdur, Pras, Hifdzi, dan Lian. Dan malam itu yang harus close  mic adalah Pras Teguh.

Untuk babak SUCI4 goes to office yaitu ketika ke 7 besar kontestan berkunjung ke PT LION. Dan mereka tampil didepan semua karyawan dan orang-orang yang terlibat di kantor PT. LION. Nanti penampilan mereka bagus atau tidaknya akan divoting oleh para audience yang merupakan karyawan dari PT. LION. Setelah tampil, para kontestan memegang bak masing-masing, jika audience memilih salah satu dari mereka, audience akan menaruh kertas di bak dari kontestan. Kontestan yang memiliki isi kertas yang lebih banyak akan mendapat privilege untuk menentukan urutan tampilnya. Gua agak lupa siapa yang menang di kompetisi SUCI4 goes to office ini. Tetapi masih inget yang closemic adalah Coki.

Di SUCI4 pasti udah tau dong keunikan dari tiap kontestannya. Baik dari fisiknya, cara pembawaan materinya, dll. Yang paling diinget tuh siapa sih?

Yang paling menonjol adalah bang Abdur dengan logat ketimurannya dan dengan kata-kata “aduh mama sayangeeee” dan “stop tipu-tipu” nya yang sangat khas dibawain sama bang Abdur di tiap shownya, dan selalu bikin ketawa ngakak. Trus ada lagi bang Dzawin, dengan openingnya dengan salam dan ngomong cepatnya itu “assalamualaikum. Gimana kabarnya sehat semua yaaa, sehat yaaa. Sehat ga nih? Sehat yaaa”. Trus ada lagi Dodit, dengan salam dan dibelakangnya, objeknya diganti dengan kata kiasan yang sesuai dengan tema di setiap shownya, “selamat malam muda-mudi masa kini” itu ketika tema nya fashion. Lalu ada lagi si Hifdzi dengan kata-kata nya yang khas yaitu “hey sahabat! Aku sayang kalian! Ulalaaa~ ”. Lalu ada kak Sri Rahayuk yang selalu membahas kak Radit di setiap penampilannya, yang sangat terobsesi menjadi pacarnya kak Radit :D.

Di SUCI4 ini juga selalu ada kejutan ulang tahun bagi yang sedang merayakannya.seperti ketika Yudha Keling dan Arif berulang tahun secara bersamaan, mereka dikerjai para juri kemudian mereka berdua diberi surprise oleh pihak Kompas TV dan teman-teman SUCI4-nya. Kemudian ketika Om Indro dan mbak Arga Laras (produser Kompas TV) berulang tahun, mereka berdua dikerjai oleh para kontestan dan kru-kru SUCI4, ketika itu Dzawin tiba-tiba pingsan dan kejang-kejang. Itu semua untuk memberi surprise untuk Om Indro dan mbak Arga Laras. Kemudian ada lagi ketika host SUCI4 yaitu Babe Cabiita berulang tahun, ia diberi kejutan berupa para penonton yang membawa kertas masing-masing huruf bertuliskan H-A-P-P-Y B-I-R-T-H-D-A-Y B-A-B-E yang mengangkat tulisan itu di bangku penonton,tetapi tidak seperti biasanya, karena Babe tidak diberi kue ulang tahun, hanya berupa gambar di LCD kompas TV dan dengan Uus yang bersikap lilin untuk minta ditiup kakinya yang dianggap lilin :D

Grandfinal SUCI4 sudah selesai, kompetisi SUCI4 sudah selesai. Tahu kan siapa yang menjadi juaranya kemarin? Yap, jagoan aye yaitu bang David Nurbianto. Pada saat acara grandfinal kemarin,sangat berbeda juga dengan grandfinal di SUCI-SUCI sebelumnya. Kali ini, para pahlawan dibalik susksesnya komika pun ikut perform, yaitu ada Gilang Bhaskara, Arief Didu, Sammy Notaslimboy. Mereka merupakan orang yang membantu para komika untuk tampil maksimal.

Kemudian pada grandfinal kemarin, ada 3 host. Yaitu Babe,Uus, dan the legend one Pandji Pragiwaksono! Mas Pandji ini sudah menjadi MC SUCI sejak SUCI1-SUCI3, dia pula yang mengumumkan setiap pemenang juara 1 pada ajang komedi ini. Termasuk kemarin di SUCI4.

Para komika yang tidak masuk grandfinal pun hadir semua dalam acara ini. Ada yang tampil kombinasi.

Ada kelompok “Death Pan” yang terdiri dari: Beni, Yudha Keling,dan Yudith.
Ada kelompok musikalisasi gitu yang terdiri dari: Arif, Pras, dan Dodit. Mereka ini keren banget kolaborasi gitu, yang 1 main biola, yang 2 lagi breakdance gitu. Keren banget pokoknyaaahh!!! :’D


Dan yang paling bikin kagum di grandfinal SUCI4 ini hadir seorang komika yang (maaf) memiliki kekurangan. Bernama Dani. Ia duduk di kursi roda karena tidak bisa berjalan normal seperti yang lain. Tetapi ia sangat mencintai Stand Up Comedy. Dani berasal dari Stand Up Indo Malang dan diberi kesempatan untuk tampil Stand Up di panggung grandfinal! Keren banget dan kocak abis dia!!

Ada juga nominasi untuk komika yang paling disayang, yang jatuh kepada……….. Hifdzikhoir :D emang ga heran sih soalnya ka Hipsi ini keliatan friendly banget. Pernah ketemu sekali waktu ngelive SUCI4 show 7 dan foto bareng. Baik dan ramah banget ka Hipsiiii yang unyuuukkk :D

Karena gua pecinta Stand Up Comedy walaupun dari zaman SUCI2 Cuma jadi penonton, tapi tetep antusias banget kalau ada acara Stand Up Comedy. Di SUCI4 ini gua Cuma pernah ngelive waktu 9 besar doang. Karena dapet tiketnya Cuma pada saat itu doang -_- tapi beruntung lah daripada gak sama sekali. Sebenernya bisa sih dapet tiket terus tiap minggunya, ditawarin terus gratisss hehehe tapi sayangnya tiap Jum’at gua les LIA jadi gabisa nonton tiap hari Jum’at rutin. Cuma sekalinya aja tuh SUCI4 Show 7 waktu Pras closemic. Waktu SUCI3 pernah nonton pas Grandfinal, niatnya SUCI4 juga mau nonton grandfinal tapi ga dapet tiketnya, jadi yasudahlaaah~

Nanti dibawah sini gua mau ngeposting foto sesuai syarat dari review ini. Paling foto pas ngelive aja waktu Show 7. Foto bareng komikanya.


 SAMA SI FAVORIT WARGA INDONESIA, DODIT!!!


 sama MC yang paling gokil, Bang Babe!


SAMA IDOLA GUE NIH BANG DAPIT :3 


sama Yudha Keling hehehe 


sama ko Liant :D 


sama si MC koko Ernest :D 


ini sama ka Hifdzikhoir :3 


nih penampakan tiket show 7


Seneng banget waktu liat di tv kemarin bang Dapit dapet juara 1. Wuhuuuu~ soalnya dari awal banget ngejagoin banyak comic, malah udah pada keluar dan nyisa bang Dapit doang hehe. Dari awal sih ngejagoin bang Dapit, Yudha Keling, Beni, Liant, Sri. Hehehe

Kayanya Cuma kaya gini doang review yang bisa gua kasih di sini. Maaf banget jika ada kesalahan informasi soal data-data diatas. Boleh aja kritik ko di komen bawah ini yaaa. Makasih yang udah bacaaaa.


STAND UP COMEDY INDONESIA EZACTLY CONFIDENT………..


LET’S MAKE LAUGH!!!!!!!!

 ~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~