Tuesday, February 11, 2014

Pride Of Bekasi Final at Balai Patriot 1 Februari 2014

Udah berlalu 10 hari yang lalu sebuah acara yang menakjubkan yang dibuat dan dipelopori oleh orang-orang pinggiran Jakarta (Bekasi). Acara tersebut bertajuk "Pride Of Bekasi". Sesuai dengan judulnya, para tokoh POB ini merupakan putra-putra kebanggaan dari Bekasi yang terdiri dari 4 orang yaitu Arya Novrianus (@AryaNovrianus), Adjis Doaibu (@adjisdoaibu), Awwe (@awwe_), Bintang Bete (@bintangbete). Mereka yang berasal dari komunitas Stand Up Indo Bekasi (@StandUpIndo_BKS) ini merupakan orang-orang yang tidak asing lagi di televisi. POB ini baru saja ada 1 angkatan, mungkin dikemudian hari nanti akan ada penerus-penerus dari keempat putra ini.

Udah segitu aja..

Eh tapi ntar dulu, gue mau ceritain soal acara POB ini mulai dari awal sampe akhir..
Jadi waktu acara POB ini baru dimulai sekitar tahun 2013 lalu ini gue udah denger katanya bakal ada finalnya di kota asal mereka yaitu di Bekasi. Gue udah ancang-ancang aja pengen beli tiketnya gitu. Eh gataunya masih lama bener. Waktu itu pernah denger katanya mau diadaindi Bekasi nya habis Lebaran 2013, gue tungguin, gue stalking timeline mantan komunitasnya, masih belum ada pemberitahuan soal POB final, bahkan mereka masih sibuk tour ke kota-kota lain. Waktu Januari kemarin gue dikasih tau temen gue kalau tanggal 1 Feb 2014 nanti bakal ada final POB. Gue langsung semangat! Semangat minjem duit buat nonton POB :| gue ngumpulin duit mpot-mpotan soalnya gue juga mau nonton Final Illucinati-nya Koh Ernest Prakasa. Yaudah untung aja kakak dari komunitas SUIBKS ada yang udah bookingin tiket buat gueee. Jadi gue tinggal ngasih duitnya aja.

Hari H~

Gue dateng cukup telat ya, karna gue tuh sombong mentang-mentang lokasi nya deket sama rumah gue. Padahal mah jauh ngelewatin selusin lampu merah dulu baru nyampe di Walikota. Didepan pintu masuk gue musti nukerin tiketnya dulu, eeehh gataunya dapet merchandise yaitu Wristband hehe.

abaikan tangan yang besar itu.....

Pas gue masuk, udah rame banget tempat duduknya. Untung aja gue beli tiket yang VIP jadi ga dibelakang-belakang banget lah hehe. Gue walaupun datengnya telat banget yaa untung aja dapet tempat duduk ketiga dari depan tapi di pinggir kanan banget -____- tapi gapapa, yang penting deket sama para artisnya :3

Pas udah duduk-duduk nunggu acara mulai, akhirnya terdengar suara-suara yang ghaib. Suara yang bikin merinding. Yaitu suaranya si Voice Over yaitu ka Wawan (@hernawanyoga). Comic-comic Bekasi menurut gue emang kampret-kampret semua. Gokil banget parah. Waktu VO nya ngomong dan acara belum mulai aja udah ngakak banget dengernya. Jadi awalnya tuh VO nya bacain peraturan selama acara berlangsung. Gue kira mah emang asli peraturan dari tempatnya, gataunya malah terserah si VO nya. Berikut gua bacain peraturan-peraturan selama menonton Final POB:
1. Dilarang membawa makanan dan minuman ke dalam gedung (wah serius nih, peraturan yang mainstream banget)
2. Dilarang memberi makan hewan yang ada di dalam (HAHAHA satu auditorium langsung pecah!)
3. Persatuan Indonesia
4. Naik haji bila mampu
5. Percaya kepada Qada dan Qadar

Tuh! Gokil kan? Iya parah, padahal baru VO nya doang yang ngomong, trus si VO bilang katanya jangan cari dia karena dia adalah tuhan! Wahahaha gue udah kebayang gimana pecahnya para pengisi acara. Udah ga sabar nungguin personil POB tampil, rasanya pengen gue usir aja VOnya :p

Pas tirai dibuka, munculah ke-empat personil POB dengan kompak mereka pakai kemeja putih dengan dasi hitam dan celana panjang hitam. Kayak karyawan Indomar*t yang baru training hehe. Trus mereka masuk lagi ke ruangan khusus mereka. Yang bakal tampil duluan adalah kak Arya!!!!!




A. Arya Novrianus
Kak Arya gatau kenapa pas baru muncul di panggung langsung diketawain sama semua penonton, gue ga ngerti kenapa gue juga ikutan ketawa. Komuknya ngeledek abis! Hwehehe. Awalnya dia ngenalin diri, dia kesel punya nama ada kata "Anus" nya dibelakang namanya. Dia dinamain kaya gitu katanya pas mamanya boker, yang keluar bukan tokai tapi si ka Arya. Katanya pas emaknya boker, bayinya disiram, tokainya diambil dirawat dan jadilah Arya Novrianus. Dia ini katanya tuh anak broken home gitu. Bokapnya orang Katolik, mamanya orang Islam. Dia terlahir sebagai Katolik, tapi trus sekeluarga disuruh bokapnya masuk Islam. Mereka berunding di ruang tamu dan disaksikan sama patung Yesus. Kemudian Yesus nya dipasang headset biar gadenger -_- pokoknya kaArya ini kebanyakan cerita tentang keluarganya dah. Dan ga lupa, dia ini di cap sebagai Comic yang Jorok. Bukan keseringan main di becekan, tapi "jorok" gitu deh...... Jadi 70% materinya ini jorok semuah! Hahaha. Ngomongin tentang jari lah, cewe lah, alat kelamin lah, pokoknya yang negatif-negatif dah -_- semoga kedepannya dia menjadi comic yang religius ya, kasian dia dimarahin mamanya mulu kalau bikin komik strip yang jorok. Ka Arya ini jago gambar komik porno loh! Dia punya akun twitter resmi komiknya yaitu Komik Anus (@KomikAnus). Follow yaaa. Niscaya hidup anda akan semakin berwarna..


tinggi gue seketeknya ka Arya -_-


B. Adjis Doaibu
Pas abis kak Arya tampil, barulah bang Adjis yang tampil. Dia ini ngaku sebagai Iqbaal Coboy Junior loh! Emang mirip banget sih! Makanya pas dia masuk ke panggung disertai sama lagu dari CJR. Materinya bang Adjis ini Bekasi banget deh. Ngomongin juga tentang perkembangan pergaulan di Indonesia. Dia awalnya sok-sokan mau main hipnotis gitu. Padahal teks buat hipnotisnya itu adalah kertas materi dia takut lupa kali ya hehehe. Dia ini tukang riffing orang. Penonton nya aja selalu diriffing. Makanya kalau nonton shownya dia jangan duduk paling depan karna bakal jadi korban riffing nya bang Adjis :p dia ngomongin soal bahasa baru "Keles" sama "Bingit" kalau ga salah sih. Kalimalang jadi Kelesmalang -____- ya pokoknya pecah lah si jawara Street Comedy 1 ini. Ga heran orang kaya gini bisa jadi juara. GOKIL MEN!


gue gatau siapa dibelakang gue sumpah!


C. Awwe
Bang Awwe pas baru masuk udah langsung sok asik aja. Berasa kaya biasa aja dia, mungkin karna udah sering masup TV kali ya :p waktu dengerin sebagian materinya bang Awwe, gue udah sering denger materinya tapi tetep aja bikin ngakak ampe pipi keram. Jadi bang Awwe ini orang asli Bekasi, dia dari kecil tinggal di Bekasi. Jadi dia bawain materi yang Bekasi bangeeeet! Hehe. Mulai dari katanya Bekasi itu deket sama akhirat, naik ojek kesana cuma bayar 7rebu. Trus kalau pergi ke Bekasi tuh tutup mata aja, kalau jalannya udah geradakan berarti udah sampe. Sampe katanya di Bekasi tingkat jadi orang kaya gaperlu punya mobil, cukup punya aer es aja udah kaya banget dah. Apalagi katanya kalau transformers jatoh di Bekasi bakal jadi truk sampah, suka nyapuin sampah juga hahahhaha. Nama-nama di Bekasi juga ga kalah keren sama di Jakarta, di  Jkt ada Kemang, Bekasi juga ada Kemang Pratama, di Jkt ada Bundaran HI (Hotel Indonesia) di Bekasi juga ada Bunderan HI (Harapan Indah). Kalau di Bekasi naik angkot juga ngomongin fisik, kalau berenti di Tambun berarti yang kurus-kurus kaga turu, berenti di JatiBening, yang jelek pada kaga turun udah 3 hari di angkot wahahaha. Ya pokoknya gitu dah materinya bang Awwe tuh kaga jauh-jauh dari Bekasi pokoknya.





D. Bintang Bete
Bang Bintang ini penampil terakhir di acara Final POB. Dia yang dikenal sebagai Comic dengan LPM terbesar! Gimana engga? Tiap kata atau kalimatnya aja udah bikin ngakak banget. Materinya dia juga udah seriiiiiiiiinggg banget gue dengerin di tv atau dimana gitu. Trus dia nyuruh semua penonton cek dibawah bangku, bagi yang beruntung bakal dapet amplop dan disuruh maju ke panggung. Dan akhirnya, emang semua bangku penonton ada amplopnya -____- isinya itu adalah materi dia, jadi ada kalimat yang ditebelin sama yang engga. Yang ga ditebelin, dibaca bang Bintang, yang ditebelin itu punchlinenya yang musti dibaca sama penontonnya. Ini konsep paling keren menurut gue! Gila kepikiran aja dia yang harusnya Comic nyampein punchline, malah penontonnya yang nyampein. Keren parah!!! 


ini dia materinya bang Bintang


Materinya itu udah gue hafal banget, tetep aja ngakak pas bacanya. Dia ini udah ngetop banget karna udah jadi aktor di Film Comic 8. Film yang gokil banget! Dia ini katanya kalau foto bareng cewek pasti dipeluk karna saking jomblonya dia hahaha. Pokoknya gokil beuuuddd dah bang Bintang yang paling tua :p





Semua performer udah tampil. Saatnya closing. Mereka semua maju ke panggung dan ngasih salam hormat ke semua penonton dengan membungkukan badan mereka. Kemudian ada gemuruh suara petasan gitu yang isinya kertas warna-warni yang dinyalain sama panitia Final POBnya. Dan gue disitu hampir nangis karena terharu sama acara ini.





And you know? Bang Adjis yang pertama abis penghormatan dia langsung madep belakang karena dia nangis senangis-nangisnya. Gue baru kali ini ngeliat Comic ganteng cool kayak dia ternyata cengeng yaaa hihi pengen rasanya ngapus air matanya ;;) gak lama bang Awwe juga ikutan nangis kayak bang Adjis. Lalu semua Comic yang hadir untuk nonton naik ke panggung, mulai dari mas Pandji, bang Acho, mas Topenk, Dimzy, aa Iyam, Yudha Keling, dll. Pas mereka naik ke panggung, tiba-tiba bang Awwe langsung meluk mas Pandji kuenceeeeennngggg banget kaya tali kolor, udah gitu lama banget meluknya sampe nangis juga, dia bangga banget dan ngucapin terimakasih juga mungkin ke mas Pandji karna udah jadi panutannya, mungkin loh ya~


"peluk aku mas, peluk!"


Ada selingan ucapan-ucapan terimakasih dari para penampil dan cerita-cerita mereka selama berjalannya tour POB ini. Berkat POB, si ka Arya bisa naik pesawat, mereka jadi makin deket, dll. Bingung jelasinnya juga. Yang jelas mereka berterimakasih banget sama komunitas mereka tercinta yaitu SUI BKS. Tanpanya, mereka ga akan jadi Comic-comic handal seperti sekarang ini. Mereka udah tour ke 9 kota dan berakhir di Bekasi ini. Katanya banyak yang nanya kenapa ga ada tour di Jakarta, karena mereka ingin mengadakannya di Bekasi aja, biar orang-orang Jakarta pada bisa main ke Bekasi dan tau keunikan-keunikan dari kota ini. Jujur gue sebagai penonton aja bangga banget kota gue tercinta ini punya wakil-wakil yang membanggakan kaya personil POB ini. Salut banget! Semoga kalian berempat makin sukses, jangan sombong, tetep humble, yaaa gitu deh pokoknyaa..

Habis usai acara ini, ada sesi foto-foto bareng personil POB. Gue langsung maju naik ke panggung dan ngantri sama penonton-penonton lainnya. Ngantrinya panjang banget men! Apalagi yang mau foto sama bang Bintang! Dia udah jadi Bintang Film, jadi banyak banget yang minta foto sama dia termasuk gue. Dan akhirnya gue udah kesampean juga foto bareng mereka berempat yang fotonya udah gua taro diatas itu.

Pas gue keluar ruangan, banyak banget Comic-comic lagi bertebaran didepan pintu masuk. Gue akhirnya memutuskan untuk minta foto bareng mas Topenk sama bang Acho!!!!!! Seneng banget gampang dimintain fotonya soalnya lg nganggur aja mereka diluar bwehehe....


ini sama mas Topenk (@topenk_enk)


ini sama bang Acho (@muhadkly) aaakkk *_*


Udah deeehhh selesai! Ini udah bagian penutup dari tulisan gue. Oiya maaf banget kalau ada kesalahan info yang gue tulis diatas. Mohon koreksiannya bisa langsung di taroh di comment box yaaa nuhun! Btw, ada yang gue jengkelin waktu nonton Final POB ini. Gue males banget sama penonton yang dibelakang gue. Mas-mas yang memang kelihatannya pecinta stand up comedy juga. Tapi.......dia itu bawel banget sepanjang acara. Jadi, materi yang dibawain sama para personil POB ini yang udah sering didenger itu diikutin mulu sama dia, dia ngikutin mulu omongannya. Ganggu banget! Gue juga udah ada yang tau kaliiii materi nya sama punchlinenya karna gue juga udah sering denger, tapi gue kan HANYA ingin para Comic aja yang nyeritain, JANGAN DIA! Terkadang punchline nya agak ga nampol pas diucapin sama dia duluan. Udah gitu kenceng bener lagi suaranya. Gue yakin pasti yang denger gitu juga jengkel. Tapi nope lah. Anggep aja kaga ada dia disitu. Yang penting gue hepiiiiii bisa nonton POB Finale.

Btw, bakal ada DVD nya gak ya? Sumpah pengen banget beli kalau misalnya ada! Rasanya tuh kurang gitu nonton sekali doang kaya kemarin. Rindu banget padahal baru seminggu berlalu :'( makasih yaaa buat yang udah luangin waktunya buat baca ini. Berharapnya sih dibaca sama personil POBnya hwehehehehe..